MENGKONSUMSI OBAT DENGAN TEH

Hentikan Kebiasaan Minum Obat Dengan Teh Dari Sekarang

     

Sebagian dari kita lebih menyukai minum obat dengan teh untuk memudahkan menelan obat, terutama yang terasa pahit. Lebih baik hentikan kebiasaan buruk ini karena nyatanya beberapa jenis obat tertentu dapat berinteraksi dengan zat-zat yang terkandung pada teh.

Minum teh kerap diidentikkan dengan pemeliharaan kesehatan sehingga dianggap aman untuk diminum berbarengan dengan obat untuk mengatasi penyakit. Namun ternyata kandungan kafein di dalam teh dapat mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi secara bersamaan. Lalu apa saja jenis-jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan teh?

 

Obat Pengidap Hipertensi

Efek negatif minum obat dengan teh dapat dirasakan pada pengidap hipertensi, khususnya yang mengonsumsi nadolol. Penelitian menemukan bahwa konsumsi teh hijau justru dapat mengurangi manfaat dari obat nadolol yang berperan menangani tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, seorang profesor kardiologi menyarankan bahwa pengidap hipertensi yang mengonsumsi nadolol sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau dalam waktu bersamaan. Kandungan di dalam teh hijau ini ternyata diduga dapat berdampak kepada penyerapan obat di dalam usus. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah teh jenis lain juga dapat menyebabkan interaksi terhadap obat di dalam kategori yang sama.

Pil Kontrasepsi

Mengonsumsi pil kontrasepsi bersamaan dengan teh hitam berisiko mengurangi kecepatan tubuh memecah kafein sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung, sakit kepala, dan serangan cemas.

Obat Depresi dan Penyakit Jantung

Minum obat dengan teh sebaiknya dihindari pengidap depresi. Sebagaimana terdapat hubungan yang cukup dekat antara depresi dengan penyakit jantung, maka obat untuk menangani penyakit jantung juga sangat tidak dianjurkan diminum dengan teh.

Adenosine

Adenosine (Adenocard) adalah bahan yang digunakan pada tes cardiac stressuntuk memeriksa kondisi jantung. Setidaknya satu hari penuh sebelum menjalani tes, pasien diharapkan untuk tidak mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein, termasuk teh. Kafeindi dalam teh diduga dapat membatasi pengaruh adenosine.

Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik, seperti enoxacin dan ciprofloxacin, dapat menurunkan kemampuan dan kecepatan memproses dan mengeluarkan kafein dari tubuh. Oleh karenanya, meminum obat dengan teh, terutama kedua antibiotik ini, dapat meningkatkan risiko efek samping, seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan serangan cemas.

Clozapine

Mengonsumsi obat clozapine bersamaan dengan  teh hitam dapat meningkatkan risiko efek samping obat tersebut. Kafein pada teh hitam diduga mengurangi kecepatan tubuh memecah clozapine juga.

Ephedrine

Kafein dan ephedrine adalah zat stimulan yang dapat meningkatkan kerja sistem saraf. Mengonsumsi keduanya secara  bersamaan berisiko menyebabkan gangguan jantung dan efek samping serius. Inilah sebabnya sebaiknya Anda menghindari minum obat yang mengandung ephedrine dengan teh, terutama ephedrine.

Obat untuk Menangani Diabetes

Obat diabetes berperan menurunkan kadar gula darah. Kebalikan dari itu, teh dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi efektivitas obat diabetes.

Obat untuk Memperlambat PembekuanDarah

Minum obat dengan teh, dalam hal ini obat-obatan antikoagulan seperti aspirin, diclofenac, ataupun ibuprofen, justru dapat meningkatkan risiko perdarahan dan memar.

Teh dianggap memiliki kebaikan untuk kesehatan tubuh, tetapi sangat disarankan untuk menghindari konsumsi minuman ini bersamaan dengan obat. Selain itu, sensitivitas tubuh terhadap kafein juga sebaiknya menjadi pertimbangan. Jika Anda sudah terbiasa minum obat dengan teh, konsultasikan ke dokter tentang cara-cara lain yang dapat ditempuh untuk mengonsumsi obat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENAM MANFAAT DARI MILAGROS

MANFAAT MILAGROS BAGI IBU HAMIL

MILAGROS vs KEPUTIHAN